Minggu, 20 November 2016

manfaat dibalik minuman khas Mojokerto

Ternyata beberapa minuman yang saya sebutkan pada artikel sebelumnya, tidak hanya digunakan untuk penghilang dahaga. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya
1. Es gronjong


Es gronjong sebagian besar memiliki isian gudir atau agar - agar. Dan, agar - agar yang terlihat biasa saja ternyata memiliki khasiat yang cukup banyak. 
  • Membantu mengurangi resiko penyakit arthritis : Agar-agar yang terbuat dari gelatin alami dapat membantu Anda meningkatkan pelumasan sendi dan mencegah kondisi arthritis bagi perempuan.
  • Dapat menyehatkan kulit : Asam amino yang ada dalam agar-agar baik untuk kulit Anda. Dan juga membantu pembentukan sel-sel baru di dalam tubuh.
  • Untuk memelihara kesehatan rambut : Agar-agar banyak mengandung asam folat yang berguna untuk mengatasi rambut rontok dan menipis.
  • Sebagai Anti Kanker : Mengkonsumsi agar-agar dapat dapat mencegah kanker payudara, makanya anda bisa mengkonsumsi agar-agar untuk mencegah terjadinya kanker, karena agar-agar mengandung banyak rumput laut yang baik untuk tubuh. 
sumber :http://capjahe.com/263/manfaat-agar-agar-untuk-kesehatan-diet-dan-antioksidan/

2. Sinom

Asam Jawa :
Bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, memperbaiki peredaran darah, mengurangi nyeri haid, menghilangkan keputihan, melangsingkan tubuh, mencegah rambut rontok, dan sebagainya. Buah asam juga dapat digunakan untuk membersihkan barang yang terbuat dari logam dan kuningan.
Penelitian mengatakan bahwa estrak biji asam jawa memiliki anti bakteri yang kuat, terutama untuk melawan bakteri E. Coli. Dari penelitian yang dilakukan di Surabaya diketahui bahwa ramuan jamu gendong yang mengandung asam jawa mengalami lebih sedikit kontaminasi dengan bakteri. Minuman asam jawa juga terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Asam jawa memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.
Daun Asam (Sinom) :
Bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan menghilangkan rasa sakit. Kandungan flavonoid yang terkandung pada daun asam jawa bersifat sebagai anti radang, membantu mengeluarkan keringat, dan menghilangkan sakit.
Di samping daging buah, banyak bagian pohon asam yang dapat dijadikan bahan obat tradisional. Daun mudanya (Jw. sinom) digunakan sebagai tapal untuk mengurangi radang dan rasa sakit di persendian, di atas luka atau pada sakit rematik. Daun muda yang direbus untuk mengobati batuk dan demam. Kulit kayunya yang ditumbuk digunakan untuk menyembuhkan luka, borok, bisul dan ruam. Kulit kayu asam juga digunakan sebagai obat kuat. Tepung bijinya untuk mengobati disentri dan diare.
Sinom alias daun asam yang muda berkhasiat seperti kunyit asam, yaitu mengurangi sakit ketika haid, membersihkan darah, antibiotik, dan membuat kulit tampak bersih.

sumber : http://hamidkdpro.blogspot.co.id/2011/02/kandungan-kimia-buah-polong-asam-jawa.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

tulisan yang mengikuti cursor

lagu

Most Recent

animasi

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers

Business

Flickr Widget

Facebook

Ads

Random Posts

Recent Posts

Popular Posts

Recent Posts

Strawberry On Top Of Cupcake

Unordered List

Pages

Theme Support